Bagi Anda yang memiliki genset tentunya artikel ini sangatlah tepat untuk menambah informasi agar genset Anda dapat bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama. Saat ini bbanyak orang yang memiliki genset sebagai solusi ketika lampu di rumah padam, namun tidak banyak pula yang paham mengenai cara penggunaan genset dengan tepat. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda simak mengenai cara pemakaian genset yang tepat.

Pertama, Anda tidak diperbolehkan meletakkan genset di dalam suatu ruangan. Karena genset dapat menghasilkan karbonmonoksida yang dapat mengkontaminasi udara yang ada di dalam rumah Anda, dan tentunya sangatlah berbahaya jika gas tersebut dihirup. Ada baiknya Anda meletakkan genset di luar ruangan, namun jangan tempatkan genset di tempat yang terdapat cahaya berlebih, dan pastikan tempat menaruh genset terhindar dari air hujan. Agar penempatan genset lebih efektif, Anda dapat menggunakan sistem grounding untuk sistem listrik di rumah Anda, sehingga kelebihan arus listrik yang ditimbulkan medan magnet dapat tersalurkan ke tanah dan menghindari terjadinya sengatan arus listrik.

Kedua, usahakan untuk tidak menggunakan genset melebihi batas normal. Agar genset dapat berjalan optimal, pilihlah barang elektronik yang menurut Anda penting dinyalakan saja. Karena jika pemakaian genset melebihi batas normal yang telah ditentukan umur genset Anda tentunya tidak akan bertahan dalam jangka waktu yang lama, Anda tidak mau bukan?

Ketiga, perawatan seperti genset diesel, genset gas, maupun jenis genset lain secara langsung akan berpengaruh pada kinerja genset. Jika setiap komponen genset dirawat dan dijaga kondisinya, maka kinerjanya menjadi lebih baik serta memberi keamanan selama proses bekerja. Itu sebabnya, selain dibersihkan secara berkala, periksalah volume minyak, air radiator, dan tangki bahan bakar secara teratur dan melakukan penggantian dengan rutin.

Kami harap dengan adanya tips diatas, Anda dapat lebih sadar bahwa genset juga memerlukan perawatan secara khusus dan berkala jika memang Anda ingin umur genset Anda bertahan dalam jangka waktu yang lama. Selain umur genset panjang, tentunya jika Anda melakukan perawatan secara rutin akan membuat genset Anda bekerja lebih optimal saat dibutuhkan.