Sebagian orang mungkin belum memutuskan genset sebagai solusi ketika lampu listrik padam dengan berbagai alasan. Alasan tersebut diantaranya ialah tidak adanya ruang terbuka untuk meletakkan genset, masih dapat bertoleransi saat listrik mati, atau mungkin mereka merasa kesulitan untuk mengoperasikan dan merawat genset. Bagi Anda yang berencana untuk membeli genset, Anda juga perlu memperhatikan tips merawat dan menyalakan genset agar dapat selalu berfungsi saat Anda membutuhkannya. Pastikan Anda mengikuti tips memilih genset berikut ini agar tidak salah memilih genset yang Anda butuhkan.

Langkah pertama dalam memilih genset ialah, tentukan kebutuhan listrik yang dibutuhkan. Sebelum memilih genset, maka ada baiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu kebutuhan akan listrik pada rumah yang anda miliki. Anda harus menghitung kapasitas daya listrik yang terpasang di rumah seperti lampu, AC, TV dan perangkat elektronik lainnya. Hitung berapa jumlah Watt yang dibutuhkan, dan berapa KWh daya listrik pada rumah Anda, sehingga Anda dapat memilih genset dengan output daya lebih besar dari jumlah konsumsi daya listrik yang dibutuhkan oleh perangkat elektronik di rumah Anda. Setelah mengetahui jumlah kebutuhan listrik rumah Anda, pilihlah genset yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada dasarnya ada dua jenis genset yang digunakan di rumah-rumah, yaitu standby genset dan portable genset. Standby genset adalah genset yang dipasang secara permanen di rumah Anda, genset jenis ini biasanya berfungsi otomatis, ketika listrik mati genset otomatis akan bekerja dan pada saat listrik menyala genset otomatis tidak lagi bekerja. Genset jenis ini biasanya berbahan bakar gas, jika di rumah Anda sudah memiliki saluran gas sendiri, mungkin genset jenis ini cocok untuk dipasang di rumah Anda. Jenis genset ini memang belum banyak tersedia di Indonesia karena harganya yang terbilang mahal. Genset portable cukup populer di Indonesia karena harganya yang bersahabat dengan kantong orang Indonesia, selain terjangkau genset jenis ini juga mudah didapat. Kelebihan genset portable adalah dapat ditempatkan dimana saja dan dapat dibawa jika Anda ingin melakukan aktifitas di luar yang membutuhkan listrik. Genset jenis ini biasanya menggunakan bahan bakar bensin ataupun solar.

Setelah dua langkah diatas tentunya hal yang tidak kalah pentingnya ialah adanya garansi dari produk dan service center yang mudah. Jika Anda membeli barang, apalagi barang mahal seperti genset pastinya dua hal ini sangatlah penting. Maka dari itu pilihlah merk genset yang sudah terbukti kualitas produknya dan menyediakan service center yang mudah. Tentunya Anda harus tahu apabila genset Anda rusak harus di service dimana. Sesudah Anda mengetahui garansi produk serta layanan service center, langkah selanjutnya ialah menentukan tipe genset yang akan digunakan. Secara umum tipe genset dapat dibedakan menjadi dua, yaitu tipe genset silent dan open. Yang dimaksud dengan genset silent adalah genset tersebut memiliki suara yang lebih lembut atau tidak begitu keras, dengan demikian suara genset ketika dihidupkan tidak akan mengganggu lingkungan sekitar rumah Anda. Namun biasanya, genset jenis silent memiliki ukuran yang cukup besar, dari segi harga juga lebih mahal dibanding dengan genset open. Jika pada akhirnya Anda memilih genset silent, Anda membutuhkan tempat untuk menyimpan yang lebih besar dan aman. Sedangkan genset open biasa digunakan di gudang atau pabrik-pabrik dan suara yang dihasilkan dari genset sangatlah berisik dan mengganggu apabila Anda gunakan di rumah.

Untuk memenuhi kebutuhan genset yang Anda butuhkan, RYU dan NP menyediakan berbagai jenis dan varian yang sesuai dengan keinginan Anda. Genset RYU dibagi menjadi dua varian, yaitu Black dan Green yang tentunya menghadirkan nuansa elegan dan kokoh. Genset RYU terdiri dari beberapa seri, diantaranya Black/Green 1300 (1000 Watt), Black/Green 1500 (1200 Watt), Black/Green 2800 (2500 Watt), Black/Green 3800 (2800 Watt), Black/Green 7800 (5500 Watt), dan Black/Green 8800 (6500 Watt). Sedangkan genset NP memiliki tiga seri, diantaranya NP 1500E (1200 Watt), NP 2800E (2500 Watt), dan NP 3800E (2800 Watt).

            Kini saatnya Anda menentukan sendiri genset pilihan yang tepat bagi rumah Anda. Tentunya genset RYU dan NP merupakan pilihan yang tepat untuk Anda gunakan, selain harga yang terjangkau, tentunya kualitas dari barang tidak lagi perlu diragukan. Anda bisa mengunjungi website kami di www.ryuengine.com dan www.npengine.com untuk mengetahui lebih lanjut produk-produk yang kami hadirkan bagi Anda.